Monday, February 16, 2009

Oh! Paypal, Kenapa Kau Begitu Pada Daku?

"Internet Marketing dan Online Business" pastinya tidak luput yang namanya Paypal, tidak hanya pihak Netpreneurship sejati dengan ratusan hingga ribuan dollar pemasukan perbulan namun netpreneur ecek-ecek dan Newbie sepeti saya ini juga paling tidak kenal maupun memiliki akun Paypal. Yach, selain Paypal sudah lumayan "Friendly" buat orang indonesia yang ingin berbisnis atau sekedar nabung pundi-pundi dollar (uang), juga memudahkan penarikan uang kepada rekening Bank-bank lokal di negeri tercinta ini. Semua persoalan dan masalah informasi yang menyangkut apa itu Paypal, cara verifikasi dan cara withdrawl Paypal ke Bank lokal Indonesia tentu sudah banyak dibahas di blog-blog tetangga, bukan? Jadi saya gak akan membahas mengenai teoritis Paypal :-)

Saya sebenarnya memiliki beberapa akun Paypal yang berbeda-beda, namun hanya satu akun Paypal yang bener-bener VERIFIED alias ter-verifikasi. Akun lainnya cuma iseng dan buat pembelajaran saja, ya belajar tentang Paypal. Awalnya, mungkin kalo boleh bilang berdasarkan pengalaman pribadi, emang saya akui banget bahwa memiliki akun Paypal dengan akses penuh itu bener-bener ribet. Mulai dari Verifikasi dengan Kartu Kredit (Credit Card) atau Debit Card, hingga pemberian nama kepemilikan akun Paypal yang mesti sama dan cocok dengan nama rekening Bank lokal tanpa harus ada perbedaan nama sedikitpun. Konon katanya, kalo ada sedikit perbedaan nama antara akun paypal dengan nama rekening bank maka bisa jadi withdrawl/penarikan dan pencairan uang pada Paypal ke rekening Bank akan GAGAL/DITOLAK. Selain itu, pemberian kode Bank dan rekening juga harus benar.

Saya sendiri belum sempet mencoba withdrawl Paypal ke rekening Bank lokal, kebetulan saya masukan rekening Bank BRI. Saya sebenarnya juga punya masalah dengan akun Paypal saya yang sudah VERIFIED. Walaupun sudah VERIFIED, tetap saja ada peringatan "Rekening Dibatasi", padahal semua informasi tambahan yang mereka minta sudah saya kasih dan disetujui (completed). Anehnya, sekarang sudah bisa menambahkan rekening bank lokal saya padahal dulu tidak bisa input data Bank sama sekali karena "Limited Access".

Lagi-lagi, masalah kepemilikan nama Paypal...........
Paypal menghendaki kepemilikan akun Paypal seseorang dengan "Nama Depan (First Name)" dan "Nama Belakang (Last Name)". Bagi orang yang memiliki kedua format nama pasti tidak susah-susah. Tapi kalo yang hanya memiliki "Single Name", itu juga menjadi masalah. Ada alternatif lain menyiasati hal ini, misalnya kalo nama anda RAGIL maka Nama Depan (First Name) bisa diisi dengan nama tersebut (RAGIL) dan Nama Belakang (Last Name) cuku diberi tanda "," ("koma"), jadi format kepemilikan Paypal menjadi "RAGIL , ". Saat ini masalah pada akun Paypal saya adalah saya sudah terlanjung men-doblein nama depan saya, sehingga menjadi "FADLIANSYAH FADLIANSYAH". Gak tau ini sah ato tidak :-(

Kabar gembira bahwa sekarang, Paypal sudah menyediakan cara lain untuk merubah nama kepemilikan akun Paypal yang sudah terlanjur dibuat. Cara tersebut bisa dibaca disini. Saya sudah mengirim aplikasi ganti nama, tetapi sampai saat ini ternyata tidak ada tanggapan CS dan perubahan dari akun Paypal juga belom berhasil. Saya sudah mengirim informasi SIM C (Driving License). Usut-punya usut ternyata SIM C saya sudah kadaluarsa dan baru sempat perpanjangan SIM C, apakah karena hal ini yang menyebabkan aplikasi ganti nama tidak sukses, ato masih dalam taraf antrian REVIEW dokumentasi ?

Want to get articles like this directly to your Email? Please enter your email address to subscribe.


Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be not moderated for the first time you do it like if you include links. Since then not be necessary if you use the same data and maintain sanity. Please, don't make SPAMMING. Thanks very much if you can leave comment!.

More Related Informations :